#SIP_ PENGERTIAN, KOMPONEN, FUNGSI CBIS

  1. PENGERTIAN CBIS

Sistem Informasi Berbasis Komputer atau Computer Based Information System (CBIS) merupakan sistem pengolahan suatu data menjadi sebuah informasi yang berkualitas dan dapat dipergunakan sebagai alat bantu yang mendukung pengambilan keputusan, koordinasi dan kendali serta visualisasi dan analisis. Beberapa istilah yang terkait dengan CBIS antara lain adalah data, informasi, sistem, sistem informasi dan basis komputer.

Berikut penjelasan masing-masing istilah tersebut, yaittu:

DATA
Data merupakan deskripsi dari sesuatu dan kejadian yang kita hadapi.Jadi pada intinya, data merupakan kenyataan yang menggambarkan suatu kejadian dan merupakan kesatuan nyata yang nantinya akan digunakan

Sebagai bahan dasar suatu informasi.
INFORMASI
Informasi merupakan hasil dari pengolahan data menjadi bentuk yang lebih berguna bagi yang menerimanya yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian nyata dan dapat digunakan sebagai alat bantu untuk

Pengambbilan suatu keputusan.
SISTEM
Sistem merupakan entitas, baik abstrak maupun nyata, dimana terdiri dari beberapa komponen yang saling terkait satu sama lain. Objek yang tidak memiliki kaitan dengan unsur-unsur dari sebuah sistem bukanlah komponen dari sistem tersebut

SIATEM INFORMASI
Sistem Informasi merupakan sistem pembangkit informasi. Dengan integrasi yang dimiliki antar subsistemnya,sistem informasi akan mampu menyediakan informasi yang berkualitas, tepat, cepat dan akurat sesuai dengan manajemen yang membutuhkannya.

BERBASIS

KOMPUTER
Sistem Informasi “berbasis komputer” mengandung arti bahwa komputer memainkan peranan penting dalam sebuah sistem informasi. Secara teori, penerapan sebuah Sistem Informasi memang tidak harus menggunakan komputer dalam kegiatannya. Tetapi pada prakteknya tidak mungkin sistem informasi yang sangat kompleks itu dapat berjalan dengan baik jika tanpa adanya komputer. Sistem Informasi yang akurat dan efektif, dalam kenyataannya selalu berhubungan dengan istilah “computer-based” atau pengolahan informasi yang berbasis pada komputer.

Jadi CBIS adalah sistem informasi berbasis komputer merupakan suatu sistem pengolah data menjadi sebuah informasi yang berkualitas dan dipergunakan sebagai alat bantu dalam pengambilan keputusan.

  1. KOMPONEN CBIS

HARDWARE, adalah computer equipment used to perform input, prossesing and output activitas. Dalam bahasa indonesia berarti perangkat komputer yang melalkukan pemasukan data, pemrosesan dan mengeluarkan data.

SOFTWARE, adalah computer programs that govern the operation of the computer. Dalam bahasa indonesia yang berarti program komputer yang mengatur segala macam pengoprasian komputer.

DATA BASE, adalah an organized collection of fact and rules for using the CBIS. Berarti, dalam menggunakan information, typically consisting of two or more related data files. Dalam bahasa indonesiannya berarti, fakta atau informasi yang terorganisasi, dan biasannya terdiri dari dua atau lebih file data yang saling berhubungan.

PEOPLE, adalah the most important element in most computer based information systems. Yang berarti unsur yang paling penting dalam isitem informasi berbasis komputer.

PRODUREST, adalah include yhe stategis, policies, methods, and rules for using the CBIS. Berarti dalam menggunakan CBIS harus meliputi strategi, kebijakan, metode dan aturan

  1. FUNGSI CBIS
  2. Mengahasilkan informasi yang cepat, akurat dan dapat dipercaya
  3. Menambah penghasilan (dalam perusahan berbasis ekonomi)
  4. Menghemat waktu (time saving), biaya (cost saving) dan tenaga
  5. Peningkatan efektivitas, pengembangan teknologi, dan pengembangan personel
  6. Meningkatkan kreativitas.
  7. Sumber data

Abidin, M, Z. (2011). Sistem Informasi Manajemen (SIM) berbasis komputer. Diakses 8 November 2015. Dari http://www.masbied.net/2011/08/28/sistem-informasi-manajemen-sim-berbasis-komputer/

http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2009/12/pengertian-cbis/diakses pada 8 november 2015

Laudon, C. K. Laudon, P, J. (2008). Sistem Informasi Manajemen 2

(ed.10). Jakarta: Salemba Empat.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s