#SIP_Etika dalam Menulis Artikel Online

Nama   : Hestuning Ikrarini

Kelas   : 4PA08

Npm    : 13512463

Etika Menulis Artikel secara Online adalah seperangkat nilai-nilai atau norma perilaku yang harus ditaati dengan baik mengenai suatu komunikasi ataupun informasi yang didapat maupun ditulis di media online.

Lalu apa saja yang harus diperhatikan dalam menulis artikel dengan baik? Dan adakah kode etiknya dalam menulis online? Tentu saja semua nya ada yang harus diperhatikan dan kode etiknya. Dan mengapa menulis memerlukan etika? Jawabannya kaerna tulisan merupakan media untuk berkomunikasi gagasan kepada orang lain.

Kemudian ada apa saja kode etik penulis dalam artikel?

  1. Gunakan bahasa yang sopan, baik dan benar

Gunakan bahasa yang sopan pada saat menulis sebuah artikel atau berita di sebuah media online. Karena internet tersambung dengan akses yang mencakup seluruh dunia. Dimana artikel atau berita yang kita muat pada internet dapat dibaca oleh siapapun dari berbagai kalangan masyarakat di seluruh dunia. Apabila kita tidak menggunakan bahasa yang sopan maka cara pandang seseorang terhadap kita akan berdampak buruk pada pribadi serta lingkungan kita sendiri. Janganlah menyingkat sebuah kata dalam pengetikan suatu artikel. Seperti kata “yang” disingkat menjadi “yg”, “kepada” menjadi “kpd dan lain sebagainya. Hal itu hanya membuat pusing seseorang yang membaca artikel kita.

  1. Gunakan huruf kapital (capslock) seperlunya

Gunakanlah huruf kapital pada penulisan seperlunya. Karena jika kita menuliskan dengan menggunakan huruf kapital secara dominan, kata yang tertulis dapat berarti lain bagi seseorang yang membacanya. Sebaiknya tulislah berita atau artikel dengan bahasa yang baik dan benar serta komunikatif. Karena pembaca sangat tertarik terhadap suatu artikel atau berita yang ditulis secara komunikatif. Bahasa yang baik dan benar pun memudahkan pembaca mengerti maksud dan inti dari sebuah berita yang disampaikan oleh kita sebagai penulis.

  1. Menggunakan EYD yang sesuai

Selain menggunakan bahasa yang sopan, penulisan dalam media pun harus menggunakan EYD yang sesuai. Dikarenakan penulisan yang menggunakan EYD secara yang sesuai pun dapat memudahkan pembaca untuk mengerti inti dari sebuah tulisan yang kita tulis. Dan juga dapat memberikan kesan yang positif terhadap pribadi si penulis. Tak jarang sebuah tulisan di media online digunakan untuk referensi tulisan bagi seseorang. Jadi jika sebuah artikel yang di tulis tidak memperhatikan EYD dengan baik sebagus apapun isi dari artikel tersebut orang lain tidak akan menjadikannya sebagai referensi.

SUMBER:

Wicaksono, Andri. (2014). Menulis Kreatif Sastra dan Beberapa Model. Penerbit

Garudhawaca.

Titik, W. S. (2003). Kode Etik/ Tanggung Jawab Penulis. Yogyakarta: Pink Books, PUSBUK, dan Taman Melati. Hal 8-14.

Sumadira, Haris . (2008). Jurnalistik Indonesia. Jakarta : Bumi Aksara.

Rifai, M. A. (2004). Pegangan Gaya Penulisan. Yogyakarta: Gadjah Mada University.

Suryono, Isnani A.S. “Plagiarisme dalam Penulisan Makalah Ilmiah”. Naskah tidak diterbitkan.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s