Artikel 3: Penjelasan dari perbedaan psikoterapi dan konseling, penjelasan terhadap mental illness (biological, psycological, sociological dan philosophic), penjelasan dari bentuk-bentuk terapi (supportive, reeducative dan reconstructive)

            Artikel 3: Penjelasan dari perbedaan psikoterapi dan konseling, penjelasan terhadap mental illness (biological, psycological, sociological dan philosophic), penjelasan dari bentuk-bentuk terapi (supportive, reeducative dan reconstructive)

Hestuning ikrarini

3PA03 (13512463)                                           

  • Perbedaan psikoterapi dan konseling

Menurut Corey (2009:10) konseling untuk menunjukan pada proses dimana klien diberi kesempatan untuk mengeksplorasi diri yang bisa mengarah pada peningkatan kesadaran dan kemungkinan memilih. Proses konseling sering berjangka pendek, difokuskan pada masalah-masalah, dan membantu individu dalam menyingkirkan hal-hal yang menghambat pertumbuhannya. Dengan konseling, individu juga dibantu untuk menemukan sumber-sumber pribadi agar bisa hidup lebih efektif. Sedangkan psikoterapi sering kali difokuskan pada proses-proses tak sadar serta dibanding dengan konseling lebih banyak berurusan dengan pengubahan struktur kepribadian. Psikoterapi lebih digerakan kearah pemahaman diri yang intensif tentang dinamika-dinamika yang bertanggung jawab atas terjadinnya krisi-krisis kehidupan ketimbang hanya berurusan dengan usaha mengatasi krisis kehidupan tertentu.

  • Pendekatan psikoterapi terhadap mental illness

Menurut J.P. Chaplin pendekatan psikoterapi terhadap mental illness, yaitu:

  1. Biological

Menurut Dr. Joh Grey, Psikiater Amerika (1854) pendekatan ini lebih manusiawi. Pendapat yang berkembang waktu itu adalah penyakit mental disebabkan karena kurangnya insulin.

  1. Psychological

Meliputi seuatu peristiwa pencetus dan efeknya terhadap perfungsian yang buruk, sekuel pasca-traumatic, kesedihan yang tak terselesaikan, krisis perkembangan, gangguan pikiran dan respon emosional penuh stres yang ditimbulkan. Selain itu pendekatan ini juga meliputi pengaruh sosial, ketidak mampuan individu berinteraksi dengan lingkungan dan hambatan pertumbuhan sepanjang hidup individu.

  1. Sosilogical

Meiputi kesukaran pada sistem dukungan sosial, makna sosial atau budaya dari gejaka dan masalah keluarga.

  1. Philosophic

Kepercayaan terhadap marabat dan harga diri seseorang dan kebebasan diri seseorang untuk mrnrntukan nilai dan keinginanya.

  • Bentuk-bentuk Terapi

Menurut Wolberg membagi bentuk psikoterapi menjadi 3 tipe, yaitu:

  1. Penyembuhan Supportive (supportive therapy)

Merupakan perawatan dalam psikoterapi yang mempunyai tujuan untuk memperkuat benteng pertahanan (harga diri atau kepribadian), memperluas mekanise pengarahan dan pengendalian emosi atau kepribadian, pengembalian pada penyesuaian diri yang seimbang.

  1. Penembuhan Redukatif (Reeducative Therapy)

Suatu metode penyembuhan yang mempunyai bertujuan untuk mengusahakan penyesuaian kembali, perubahan atau modifikasi sasaran/tjuan hidup, dan untuk menghidupkan kembali potensi.

  1. Penyembuhan Rekonstruktif (Reconstruktive therapy)

Penyembuhan rekonstruktif mempunyai tujuan untuk menimbulkan pemahaman terhadap konflik yang tidak disadari agar terjadi perubahan struktur karakter dan untuk perluasan pertumbuhan kepribadian dengan mengembangkan potensi.

Sumber:

Gunarsa, S. D. (2007). Konseling dan psikoterapi.

Jakarta: Gunung Mulia

Chaplin, J. P. (2011). Kamus lengkap psikologi.

Jakarta: Rajawali Pers

http://kaedehellery.blogspot.com/2014/04/psikoterapi.html. (Diakses pada tanggal 23

Maret 2015)

Maulany, R. F. (1994). Buku saku Psikometi bagian psikiatri UCLA.

 Jakarta: Buku Kedokteran EGC

 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s