Pengertian Perencanaan dan Langkah-langkah Perencanaan

  • Perencanaan (planning)

Perencanaan adalah kegiatan atau proses membuat rencana yang kelak dipakai perusahaan dalam rangka melaksanakan pencapaian tujuannya. Didalam kegiatan-kegiatannya perusahaan banyak berhadapan dengan berbagai keterbatasan sumber daya seperti tenaga kerja, dana, waktu, peralatan dan kemampuan. Krena itu, dengan adannya rencana, kegiatan diharapkan menjadi lebih efektif dan efisien , terlebih lagi dalam rangka melaksanakan roda perusahaan yang kompleks dan penuh persaingan

Perencanaan adalah pemilihan sekumpulan kegiatan dan pemutusan selanjutnya apa yang harus dilakukan, kapan, bagaimana dan oleh siapa. Perencanaan adalah proses dasar dimana manajemen memutuskan tujuan dan cara mencapainya. Perencanaan dalam organisasi adalah esensial, dalam kenyataannya perencanaan memegang peranan lebih dibanding fungsi-fungsi manajemen lainnya. Fungsi-fungsi pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan sebenarnya hanya melaksanakan keputusan-keputusan perencanaan. Perencanaan yang baik dapat dicapai dengan mempertimbangkan kondisi di waktu yang akan datang dalam perencanaan dan kegiatan yang diputuskan akan dilaksanakan, serta periode sekarang pada saat rencana dibuat.

Menurut Koontz & O’Donnell (1972), Siagian (1994), Terry (1975), Abdulrachman (1973) dan Stoner & Wankel. Dari banyak pendapat ahli itu, penulis mencoba merangkum arti perencanaan.

Perencanaan adalah suatu proses atau salah satu fungsi manajemen yang merupakan keputusan dalam memperkirakan (mengasumsikan atau mempreiksikan tindakan-tindakan) kebutuhan organisasi di masa yang akan datang.

  • Langkah-langkah dalam perencanaan
  1. Menentukan tujuan yang akan dicapai ; syarat tujuan : jelas, dapat dicapai,dan tidak terlalu ringan.
  2. Menentukan kedudukan perusahaan dalam kaitannya dengan tujuan yang akan dicapai (tujuan antara atau sub tujuan)
  3. Menentukan faktor-faktor yang mendukung dan yang mengambat tercapainya tujuan tersebut.
  4. Merumuskan kegiatan yang harus dilaksanakan
  • Kasus : Batam Kekurangan Tenaga Kerja

Berbagai macam perusahaan yang ada di Batam sampai saat ini masih kekurangan untuk mendapatkan tenaga kerja yang terampil, atau terdidik guna memenuhi kebutuhan perusahaan. Hal ini bisa dilihat dari tahun 2009 yang dinutuhkan mencapai 5000 orang, tetapi hanya dapat terpenuhi 3000 orang saja, kata Wali Kota Batam Ahmad Dahan di Surakarta, jum’at (18/6). Wali Kota Batam Ahmad Dahan, mengatakan hal ini sesuai penandatanganan kerja sama dengan pemerintah Kota Surakarta, dalam bidang ketenagakerjaan di Loji Gandrung, Solo.

Penandatanganan kerja sama tersebut dilakukan anatar Wali Kota Batam, Ahmad Dahan dan Wali Kota Solo, Joko Widodo. Melalui kerjasama berikut diharapkan mampu mengatasi masalah pengangguran dan meningkatkan perekonomian dikedua daerah “seperti di industri elektronik, kami membutuhkan tenaga kerja terlatih. Sebenernya di Batam juga masih banyak pengangguran tapi sebagian besar bukan merupakan tenaga kerja terampil yang siap bekerja, sehingga tetap saja membuat Batam kekurangan tenaga kerja”katannya’

Apalagi melalui Solo Techo Park (STP), lembaga pelatihan tenaga kerja terampil dikota Solo ditargetkan mampu mencetak sebanyak 3000 sampai dengan 4000 orang tenaga kerja siap pakai yang terampil dan juga yang terdidik ditiap tahunnya.

“Ditambah lulusan SMK di Solo yang juga tiap kerja bisa mengisi diperusahaan elektronik di Batam. Kesepakatan ini akan segera ditindak lanjuti dan tahun depan harus sudah terlaksana”

Pembahasan dan solusi kasus :

  • Memberikan pelatihan kerja kepada masyarakat Batam, supaya masyarakat Batam bisa menjadi sumber daya manusia yang terampil
  • Menajalin kerja sama dengan bebrapa daerah yang memiliki tenaga kerja terampil

Sumber:

  1. Dewi Hanggraeni, SE,. MBA, Dr.  Manajemen Sumber Daya Alam

                               halaman 50-51, Lembaga penerbit Fakultas Ekonomi UI

  1. Mulyadi. 2007. Sistem Perencanaan dan Pengendalian Manajemen.

                               Jakarta: Salemba Empat

  1. Husein Umar, SE,. M.M,. MBA. 2000. Business an Introducion.

                                 Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

4. http://www.indonesian-publichealth.com/2013/09/fungsi-manajemen.html

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s