Tes Psikologi Online

Fenomena Tes Psikologi Online

        Alat tes psikologi umumnya adalah perangkat test yang bisa kita gunakan untuk menjelaskan tentang perilaku , kemampuan , kepribadian dan berbagai kecenderungan dari seseorang dengan menggunakan skala dan penggolongan tertentu . Yang diukur adalah atribut psikologi dari dimensi tingkah laku individu dan ketepatan dalam pengukuran ini punya kesulitan yang cukup besar karena atribut psikologi itu sendiri bersifat abstrak.
Seiring dengan perkembangan jaman , tekhnologi pun menjadi acuan dalam mempermudah akses manusia dalam menjalin komunikasi , sehingga bukan hal yang sulit juga dalam menemukan alat test psikologi yang dapat kita kunjungi secara online bahkan free tanpa biaya .

      Karena sifat atribut psikologi yang abstrak itu , maka umumnya psikolog akan menemukan kesulitan yang cukup besar pula pada pengukuran sistem online .
Ini merupakan dampak negatif dari alat test psikologi online , dimana klien hanya mengandalkan internet dalam berkonsultasi , akan memungkinkan banyaknya kendala dan hasil yang tidak akurat dan sesuai seperti yang diinginkan .
Dampak positifnya orang akan lebih mudah dan hemat dalam melakukan test psikologi . mungkin sudah tidak asing lagi kita mendengar alasan mereka yang sibuk dan idak ada waktu , selain itu faktor emosi dan malu yang ada dalam diri individu dapat menjadi alasan mengapa mereka ingin melakukan test secara online tanpa harus berhadapan langsung dengan psikolog

Dampak Positif dan negatif  Tes psikologi online

> Positif :

– Dapat dilakukan dirumah bahkan dimana saja kapan saja dengan menggunakan internet

– Bisa mencoba-coba beberapa kali tes tersebut atau tes yang lain nya

– hasil tesnya pun langsung dapat diketahui tanpa harus menunggu waktu yang cukup lama

> Negatif :

–  Kerahasiaan alat tes semakin terancam

–  Program tes psikologi yang ada akan mudah sekali bocor

– Alat tes psikologi yang dibuat simulasinya hanyalah berdasarkan indikasi-indikasi yang sudah ditetapkan sesuai apa yang sudah diprogramkan tanpa melihat aspek-aspek sperti observasi, wawancara dan hal-hal lain yang mendukung data tersebut menjadi valid. Hal tersebut dapat mempengaruhi orang-orang yang berprofesi sebagai tester (yang melakukan pemeriksaan psikologis / alat- alat tes psikologi)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s