psikologi dan internet lingkup interpersonal-bab6

PSIKOLOGI DAN INTERNET LINGKUP INTERPERSONAL-BAB6

 

I.                PENDAHULUAN

Fakta bahwa perkembanganteknologi media telah membentuk suatu team baru dalam komunitas yang disebut sebagai online community atau komunitas online.

Saat ini telah banyak para ahli yang merumuskan definisi komunitas onilne dari berbagai perspektif disiplin ilmu. Namun, dalam makalah ini, definisi yang digunakan ialahdefinisi Preece (2000, dalam Al-Saggaf, 2004:3) Perkembangan internet yang semakin canggih bukan hanya tempat mencari informasi, namun juga tempat berinteraksi dengan individu lain dibelahan dunia. Kini, sangat mudah berinteraksi dengan orang lain karena banyak munculnya media sosial.

II.             ANALISIS DAN PEMBAHASAN

1.    Sejarah Komunitas Online

 

Kemunculan situs jejaring sosial ini diawali dari adanya inisiatif untuk menghubungkan orang-orang dari seluruh belahan dunia. [1]Situs jejaring sosial pertama, yaitu Sixdegrees.com mulai muncul pada tahun 1997.[2] Situs ini memiliki aplikasi untuk membuat profil, menambah teman, dan mengirim pesan. [2] Tahun 1999 dan 2000, muncul situs sosial lunarstorm, live journal, Cyword yang berfungsi memperluas informasi secara searah. Tahun 2001, muncul Ryze.com yang berperan untuk memperbesar jejaring bisnis. [2] Tahun 2002, muncul friendster sebagai situs anak muda pertama yang semula disediakan untuk tempat pencarian jodoh.[3] Dalam keanjutannya, friendster ini lebih diminati anak muda untuk saling berkenalan dengan pengguna lain.[3] Tahun 2003, muncul situs sosial interaktif lain menyusul kemunculan friendster, Flick R, You Tube, Myspace.[2] Hingga akhir tahun 2005, friendster dan Myspace merupakan situs jejaring sosial yang paling diminati.

Polarisasi Kelompok

Polarisasi Kelompok adalah untuk melihatnya sebagai artefak statistik, yaitu: ketika kita sudah melihat lebih awal, jika anggota group ditarik secara acak dari suatu populasi dan kemudian didapat 70 persen mempunyai suatu pilihan tertentu, maka lebih dari 70 persen dari keputusan kelompok akan mencerminkan pilihan itu (dengan assumsi aturan mayoritas).
Bagaimanapun, pembuatan keputusan kelompok bukanlah suatu unsur yang penting dalam prosedur yang mengerucut ke arah polarisasi; suatu periode diskusi yang ringkas yang diikuti oleh tanggapan individu akan menghasilkan pula suatu pergeseran didalam kelompok rata-rata ( Myers dan Lamm, 1976).

 

Quality of Service (disingkat menjadi QoS) merupakan mekanisme jaringan yang memungkinkan aplikasi-aplikasi atau layanan dapat beroperasi sesuai dengan yang diharapkan.

 

  • SpeedConnect 

adalah sebuah software yang berfungsi agar kita yang menentukan control speed dari modem kita, kita bisa mempercepat download ataupun mempercepat browsing tentunya dengan timbal balik, maksudnya jika download cepat, browsing lambat dan jika browsing cepat, maka download lambat.

 

  • Tcp Optimizer

Berdasar beberapa referensi  TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) adalah bahasa dasar komunikasi internet atau protokol internet. Tapi walaupun istilah ini berkaitan dengan internet bukan berarti hanya dipergunakan untuk koneksi internet saja, tapi protokol ini bisa juga diterapkan dalam sebuah jaringan komputer yang tidak terhubung dengan internet (intranet).

  • Onspeed

 

Software ini memiliki konsep untuk mempercepat dan menungkatkan semua koneksi internet anda, dalam hal download, upload dan lainnya. Onspeed juga bisa di pakai untuk anda yang tinggal di berbagai dunia karena Onspeed memakai konsep cara kerja dengan cara mengkompresi file-file terlebih dahulu,baru jika setelah muncul semua tesk di sebuah halaman website,Onspeed ini langsung mereload image-image. Onspeed ini menggunakan teknologi yang bernama Content Sensitive Compression (CSC) yang berfungsi untuk mengkompresi elemen dari sebuah halaman website dengan menggunakan beberapa kompresi alogaritma.

D. BRAINSTORMING

Electronic brainstorming : Bertukar gagasan melalui media elektronik dalam sebuah kelompok,media elektronik yang digunakan biasanya berupa tools seperti Group Support System.

Brainstorming adalah latihan kreativitas untuk kelompok maupun individu dimana upaya yang dilakukan untuk menemukan kesimpulan untuk suatu masalah tertentu dengan mengumpulkan daftar ide spontan yang disumbangkan oleh anggota kelompok (Wikipedia). Istilah brainstorming dipopulerkan oleh Alex Osborn Faickney tahun 1953 dalam bukunya Terapan Imajinasi. Osborn menyatakan bahwa brainstorming dalam suatu kelompok lebih efektif daripada individu yang bekerja sendirian dalam menghasilkan ide-ide.

E. Tim Virtual

Tidak diragukan lagi terlihat banyak perangkat lunak atau software baru ditujukan untuk memudahkan kita bekerja sama secara virtual, kapan dan di mana saja: GoToMeeting, Skype, Basecamp, Google docs, dll. Semakin banyak perusahaan software mengandalkan teknologi tersebut untuk membangun tim-nya secara virtual dan distributed – developers di Mexico dan Indonesia, QA di China dan Vietnam, dalam berlomba menciptakan product yang terbaik. Tanda jelas kalau globalisasi semakin dekat?

Sebagai post saya yang pertama, saya ingin berbagi 5 tantangan yang saya hadapi membangun virtual team untuk sebuah start-up di Silicon Valley: gabungan developer, tester, dan customer service di China, India, Mexico, dan Turki.

Communication

Mungkin ini salah satu hal yang paling sering mengakibatkan sakit kepala adalah komunikasi. Bagi yang sudah berpasangan, Anda pasti tahu betapa sulitnya berkomunikasi secara jelas dengan      pasangan Anda. Hanya saja di dalam perusahaan masalah komunikasi biasanya jauh lebih rumit. Karena komunikasi yang kurang baik, sering terjadi software yang dihasilkan berbeda jauh dari apa yang diminta klien.

Cultural Awareness

Selain komunikasi, toleransi dan pengetahuan akan budaya lain juga perlu diperhatikan. Cara penyampaian intensi baik di daerah A bisa diterima sebaliknya bila diterapkan di B. Erat kaitannya dengan komunikasi, terjemahan langsung atau direct translation dari satu bahasa ke bahasa lain tanpa memperhatikan konteks juga dapat menambah probabilitas salah pengertian antara anggota..

Self Motivation

Tidak semua orang berfungsi dengan baik dalam virtual team di mana setiap individu diharapkan bersifat self-motivated dan mampu bekerja secara mandiri tanpa pengawasan atau struktur eksternal. Faktor penting berikutnya adalah result-oriented, karena tidak ada rekan di sekitar yang sadar betapa intensifnya seseorang berusaha menyelesaikan tugas kecuali pada akhirnya dia dapat mendemonstrasikan hasil akhirnya dengan jelas.

Logistics

Pukul 8 malam hari Minggu di Silicon Valley = pukul 11 pagi hari Senin di pulau Jawa. Perbedaan time zone yang besar ini sering menjadi tantangan yang seru dalam segi pengaturan resources. Seandainya para developer di Jakarta perlu keputusan dari San Francisco untuk menyelesaikan suatu masalah, seseorang perlu memastikan ketergantungan ini bisa segera diselesaikan supaya tidak ada waktu yang terbuang percuma. Jika tidak, developer di Jakarta sudah siap kerja (Senin pagi) tapi perlu menunggu product manager-nya masih pesta di San Francisco (Minggu malam); setelah keputusan sudah terbentuk hari Senin di Amerika, pelaksanaannya akan tertunda menunggu developer di Jakarta siap kembali. Keterlambatan yang biasanya terjadi dalam jam, kini bisa menjadi hari.

Trust

Ini tentunya tantangan yang paling besar untuk membentuk virtual team (apa saja, sebetulnya): memupuk kepercayaan atau trust di antara anggota tim. Trust sangatlah penting untuk mendukung semua point di atas: sebagai basis untuk komunikasi yang terbuka dan menyangga motivasi semua individu yang bersangkutan. Tanpa diragukan, trust memerlukan perhatian khusus di setiap titik perkembangan tim Anda..

       III.           KESIMPULAN

Fenomena polarisasi kelompok (grup polarization phenomenon) adalah kecenderungan kelompok yang menyebabkan orang mengubah keputusan mereka,Dalam kelompok virtual, kita dapat berinteraksi dengan individu lain dibelahan dunia yang mempunyai minat, hobi, dan tujuan yang sama. Terbentuknya kelompok virtual yang mengandalkan internet sebagai media komunikasi dapat membantu kita dalam pencarian informasi dan membantu dalam pekerjaan.

IV.          REFERENSI

http://suryawan-anakkreatif.blogspot.com/2011/02/berbagai-layanan-di-internet.html

http://id.wikipedia.org/wiki/Internet

http://nemu.wordpress.com/2009/11/27/polarisasi-kelompok/

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s