Psikologi dan internet Intrapersonal-bab5

PSIKOLOGI DAN INTERNET INTRAPERSONAL-BAB5

I.                PENDAHULUAN

Perkembangan internet cukup pesat dan juga mudah diakses. Perkembangan internet saat ini memungkinkan setiap orang untuk melakukan aktivitas seperti belajar, bermain, bekerja dan berkomunikasi. . Bagi beberapa orang, mereka dapat duduk di depan komputer berjam-jam lamanya dan tidak merasa jenuh atau bahkan menghabiskan waktu seharian penuh bersama komputer. Banyaknya fasilitas yang tersedia melalui internet membuat beberapa orang menjadi kecanduan karenanya.

II.             ANALISIS DAN PEMBAHASAN

Pengertian

Internet addiction oleh Young (dalam Tuapattimaja & Rahayu) diungkapkan sebagai sebuah syndrome yang ditandai dengan menghabiskan banyak waktu dalam menggunakan internet dan tidak mampu mengontrol penggunaannya saat online, orang-orang yang menunjukkan syndrome ini akan merasa cemas, depresi,atau hampa saat tidak online di internet serta menyebabkan korbannya mulai menyembunyikan tingkat ketergantungannya terhadap internet tersebut. Penggunaan internet yang berlebihan mencapai presentase 52% sangat jauh berbeda dengan yang kecanduan internet yang hanya mencapai 8% saja. Walaupun masalah kecanduan internet hanya mencapai presentase yang sedikit, tetapi melihat presentase penggunaan internet yang berlebihan mencapai 52% perlu diperhatikan lagi permasalahan ini, karena kecanduan internet bermula dari keasyikan kita berlama-lama menggunakan internet, lambat laun kita akan merasa cemas dengan tidak bermain internet, dan lama-kelamaan akan menjadi pecandu internet yang sulit lepas dari internet dan berdampak kurang baik dalam aspek psikologis (neuroticism, extraversion, kecemasan sosial, kesepian emosional, kesepian sosial, dukungan sosial, dan dukungan sosial internet).

 

Jenis-JenisInternet addiction

 

ini adalah sub-sub tipe dari internet addiction menurut Kimberly S. Young, et. al. :

a.CybersexualAddiction,
alam cybersexual addiction antara lain adalah individu yang secara kompulsif mengunjungi website-website khusus orang dewasa, melihat hal-hal yang berkaitan dengan seksualitas yang tersaji secara eksplisit, dan

terlibat dalam pengunduhan dan distribusi gambar-gambardanfile-filekhususorangdewasa.

b.   Cyber-RelationshipAddiction
Cyber-relationship addiction mengacu pada individu yang senang mencari teman atau relasi secara online. Individu tersebut menjadi kecanduan untuk ikut dalam layanan chat room dan seringkali menjadi terlalu-terlibat dalam hubungan pertemanan online atauterikatdalamperselingkuhanvirtual.

c.   Netcompulsions
Yang termasuk dalam sub tipe net compulsions misalnya perjudian online, belanja online,danperdaganganonline.

d.   InformationOverload
Informationoverloadmengacupadawebsurfingyangbersifatkompulsif.

e.   ComputerAddiction
Salah satu bentuk dari computer addiction adalah bermain game komputer yang bersifatobsesif.

     III.           KESIMPULAN

Perkembangan internet sekarang semakin maju dan sangat pesat, berbagai fasilitas internet dapat kita nikmati setiap saat. Tetapi dengan menggunakan internet secara berlebihan dapat menimbulkan dampak negatif bagi  penggunanya contohnya internet addiction. Hal ini dapat mengganggu kehidupan sehari-hari penderitanya. Kita harus dapat mengontrol diri agar tidak terlena dengan fasilitas internet dan menyebabkan kepada pengaruh internet yang negative.

IV.          REFERENSI

Young, K.S. & de Abrue, CN. 2011. Internet Addiction:a handbook and guide to evaluation and treatment. New Jersey. John Wiley and Sons

Demetrovic, Zsolt, et.al. 2008. The Three-factor Model On Internet Addiction: The Development of the Problematic Internet Use Questionnaire.

 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s